Latar Belakang

East Java Economic (EJAVEC) Forum berupaya mendukung pengembangan ekonomi Jawa Timur melalui kajian terstruktur. EJAVEC Forum adalah suatu forum pembahasan perkembangan perekonomian Jawa Timur dalam bentuk presentasi paper atau karya tulis ilmiah tentang berbagai isu strategis yang terjadi di Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan pemikiran dan solusi kreatif dari kalangan akademisi (mahasiswa dan dosen), peneliti, praktisi, dan masyarakat terkait kondisi existing dan isu strategis perekonomian Jawa Timur beserta peluang, tantangan dan usulan solusi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa riset di kalangan akademisi, peneliti, praktisi, dan masyarakat serta memperkenalkan fungsi dan peran Bank Indonesia, khususnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Lebih lanjut hasil dari EJAVEC Forum dapat memperkuat fungsi advisory Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur baik kepada Pemerintah Daerah maupun stakeholder lainnya.

Minat peserta terhadap EJAVEC Forum mengalami peningkatan secara berkelanjutan. EJAVEC Forum pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 dan bekerja sama dengan Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kegiatan ini ditujukan kepada akademisi dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia dan pada penyelenggaraannya yang pertama diikuti oleh 22 tim dari perguruan tinggi di Jawa Timur. Animo terhadap EJAVEC Forum meningkat tiap tahunnya, tercermin dari peningkatan jumlah peserta pada tahun 2015 (84 abstraksi), tahun 2016 (94 abstraksi dan 32 full paper), tahun 2017 (178 abstraksi dan 46 full paper), tahun 2018 (219 abstraksi dan 53 full paper), tahun 2019 (85 full paper), tahun 2020 (52 full paper), tahun 2021, (70 full paper), dan tahun 2022 (93 full paper) yang terdiri dari mahasiswa tingkat S1, S2, dan S3 serta peneliti yang berasal dari lembaga negara maupun swasta.

Pemulihan ekonomi Jawa Timur berlanjut pada tahun 2022. Sejalan dengan ekonomi nasional, kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2022 melanjutkan pemulihan. Pada tahun 2022, ekonomi Jawa Timur tumbuh 5,34% (yoy). Pencapaian ini lebih baik dibandingkan tahun 2021 yang sebesar 3,56% (yoy). Dengan perkembangan tersebut, kinerja ekonomi Jawa Timur untuk keseluruhan tahun 2022 diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan tahun 2021. Di tengah ketidakpastian global akibat konflik geopolitik Rusia – Ukraina dan Tingkok – Taiwan sepanjang tahun 2022, perbaikan ekonomi Jawa Timur terutama ditopang oleh peningkatan konsumsi Rumah Tangga (RT) dan investasi sejalan dengan kenaikan kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha akan kondisi ekonomi Jawa Timur. Hal tersebut terutama ditopang oleh akselerasi vaksinasi Covid-19 yang mendorong semakin luasnya pembukaan sektor ekonomi produktif.

Meskipun demikian, kinerja ekonomi Jawa Timur diprakirakan termoderasi pada tahun 2023 akibat faktor global. Moderasi kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2023 terutama dipengaruhi oleh estimasi kinerja ekonomi global pada tahun 2023 yang diprakirakan lebih rendah dibandingkan tahun 2022. Perlambatan ekonomi global tersebut dipengaruhi fragmentasi ekonomi, perdagangan dan investasi akibat eskalasi ketidakpastian global, terutama akibat konflik geopolitik Rusia – Ukraina, Tiongkok – Taiwan, dan Amerika Serikat – Arab Saudi yang berlanjut serta dampak pengetatan kebijakan moneter yang agresif di negara maju. Hal tersebut diprakirakan menahan kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2023.

Dari sisi domestik, 5 sektor ekonomi Utama menunjukkan peningkatan pertumbuhan ekonomi seiring dengan terkontrolnya covid-19 di sepanjang tahun 2022. Sektor industri pengolahan menunjukkan perbaikan kinerja dibanding tahun sebelumnya, walaupun pada semester 2 menunjukkan adanya perlambatan pertumbuhan terdampak pelemahan ekonomi global. Sektor pertanian masih menjadi penahan pertumbuhan dengan pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 1,79% (yoy) walaupun sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya. Meningkatnya mobilitas, seiring dengan terkendalinya covid-19 di sepanjang tahun 2022, telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor transportasi, konstruksi, dan penyediaan akomodasi dan makanan dan minuman. Sektor perdagangan juga masih tumbuh cukup tinggi walaupun sedikit menurun dibanding tahun 2021. Pertumbuhan ekonomi Jatim seharusnya mampu didorong lebih tinggi seiring dengan banyaknya komoditas unggulan ekspor dan masih cukup rendahnya tingkat utilisasi beberapa Kawasan industri di Jawa Timur. Tingginya impor sekiranya bisa menjadi peluang pengembangan industri komoditas bahan baku pendukung industri. Integrasi industri dirasa juga dapat dibangun untuk meningkatkan daya saing produk ekspor unggulan Jawa Timur. Peningkatan nilai tambah, mekanisasi dan efisiensi produksi, serta peningkatan konsumsi produk pertanian sekiranya juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian Jawa Timur yang tiap tahunnya hanya tumbuh di kisaran 1% (yoy).

Tahun 2023 akan menjadi periode krusial bagi perekonomian Jawa Timur. Mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai kontributor ekonomi kedua terbesar di Indonesia dengan pangsa sebesar 14,47% (ADHB, 2022), peran Jawa Timur dalam mendorong resiliensi ekonomi nasional menjadi faktor esensial. Jawa Timur sebagai tiga besar kontributor ekspor luar negeri nasional, sebagai lumbung pangan nusantara, dan sebagai hub dalam perdagangan kawasan timur Indonesia, berperan signifikan dalam mendukung ketahanan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, strategi kebijakan mendorong resiliensi ekonomi Jawa Timur yang inklusif dan berkelanjutan menjadi krusial, baik untuk mendorong ketahanan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur maupun untuk mendukung ekonomi nasional. Mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai salah satu pusat pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, strategi optimalisasi pengembangan ekonomi syariah untuk mendukung ekonomi Jawa Timur dan nasional juga perlu dioptimalkan.

Berdasarkan hal tersebut, pelaksanaan EJAVEC Forum 2023 akan lebih difokuskan pada peningkatan kualitas karya tulis antara lain dari sisi penajaman subtema serta penggunaan economic modelling untuk menggambarkan berbagai fenomena dan isu strategis di Jawa Timur sehingga didapatkan rekomendasi dan solusi yang kreatif dan implementatif.

EJAVEC Forum

Kerja Sama.

ejavec forum tentang kerja sama profil bank indonesia jawa timur
ejavec forum tentang kerja sama profil fakultas ekonomi dan bisnis universitas airlangga
ejavec forum tentang kerja sama profil isei surabaya jawa timur