Latar Belakang

Sejalan dengan perekonomian global dan domestik, kinerja ekonomi Jawa Timur pada triwulan IV tahun 2021 sebesar 4,59% (yoy), meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sejalan dengan akselerasi pemulihan ekonomi di Jawa Timur. Pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan triwulan IV tahun 2020 yang terkontraksi sebesar 2,65% (yoy). Kinerja ekonomi Jawa Timur pada triwulan IV tahun 2021 juga tercatat sedikit lebih rendah dibandingkan Nasional sebesar 5,02% (yoy). Di kawasan Jawa, pencapaian kinerja ekonomi Jawa Timur pada triwulan IV tahun 2021 berada di peringkat keempat tertinggi setelah Jawa Barat yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,21% (yoy), Jawa Tengah sebesar 5,42% (yoy), dan Banten sebesar 5,19% (yoy). Berbagai lembaga ekonomi dunia, termasuk IMF dalam World Economic Outook (WEO) Januari 2022 memproyeksikan peningkatan kinerja ekonomi global pada tahun 2022 sejalan dengan perbaikan ekonomi global yang didorong akselerasi tingkat vaksinasi, stimulus kebijakan, dan pemulihan kegiatan usaha secara bertahap sehingga mendorong semakin luasnya pembukaan sektor – sektor ekonomi produktif dan meningkatkan perdagangan dunia. Sejalan dengan hal tersebut, kinerja ekonomi Indonesia diestimasikan turut meningkat. Meskipun demikian, risiko ketidakpastian global yang masih tinggi pada awal tahun 2022 dan peningkatan kasus COVID-19 karena adanya varian baru Omicron pada awal tahun 2022, diperkirakan dapat menahan laju akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, diperlukan optimalisasi sinergi strategi ekonomi yang adaptif, kreatif, dan implementatif, untuk mendorong akselerasi ekonomi nasional.

Tahun 2022 akan menjadi periode krusial bagi perekonomian Jawa Timur. Mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai kontributor ekonomi kedua terbesar di Indonesia dengan pangsa sebesar 14,45% (ADHB, 2021), peran Jawa Timur dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional menjadi faktor esensial. Jawa Timur sebagai tiga besar kontributor ekspor luar negeri nasional, sebagai lumbung pangan nusantara, dan sebagai hub dalam perdagangan kawasan timur Indonesia, berperan signifikan dalam pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, strategi kebijakan akselerasi pemulihan ekonomi Jawa Timur menjadi krusial, baik untuk mendorong proses percepatan pemulihan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur sendiri maupun untuk mendukung ekonomi nasional. Lebih lanjut, mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai salah satu pusat pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, strategi optimalisasi pengembangan ekonomi syariah untuk mendukung ekonomi Jawa Timur dan nasional juga perlu dioptimalkan.

Berdasarkan hal tersebut, pelaksanaan EJAVEC 2022 akan lebih difokuskan pada peningkatan kualitas karya tulis antara lain dari sisi penajaman subtema serta penggunaan economic modelling untuk menggambarkan berbagai fenomena dan isu strategis di Jawa Timur sehingga didapatkan rekomendasi dan solusi yang kreatif dan implementatif.

EJAVEC Forum

Kerja Sama.

ejavec forum tentang kerja sama profil bank indonesia jawa timur
ejavec forum tentang kerja sama profil fakultas ekonomi dan bisnis universitas airlangga
ejavec forum tentang kerja sama profil isei surabaya jawa timur

Penerimaan proposal model bisnis syariah DIPERPANJANG. 31 Juli 2022.