EJAVEC Forum 2016: Call for Paper | Recap

East Java Economic (EJAVEC) Forum 2016, merupakan penyelenggaraan tahun ketiga. Guna menggali rekomendasi dan solusi kreatif untuk kemajuan perekonomian Jawa Timur, EJAVEC Forum 2016 mengusung tema “Menakar Arah Perkembangan Perekonomian Jawa Timur Dekade Mendatang” yang terdiri dari 10 sub tema, diantaranya:

  1. Potensi Pergeseran Struktur Ekonomi Jawa Timur: Preferensi Terhadap Industri Kreatif, Agroindustri, Agrowisata dan Industri Konvensional.
  2. Pengembangan Financial Technology Sebagai Solusi Inovatif Untuk Mendukung Sharing Economy di Jawa Timur.
  3. Pengaruh Investasi dan Pembentukan Kawasan Ekonomi Terhadap Konsentrasi Investasi dan Ketimpangan Ekonomi Antar Daerah di Jawa Timur.
  4. Menguji Arah Perekonomian Jawa Timur Dalam Koridor Green Economy.
  5. Pengembangan Hub dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru di Kawasan Timur Indonesia: Re-positioning Jawa Timur Dalam Hubungan Perdagangan Antar Daerah.
  6. Total Factor Productivity Growth: Tendensi Pergeseran Jawa Timur Menuju Aspek Kapital dan Dampaknya terhadap Ketenagakerjaan.
  7. Pengembangan Ekonomi Syariah: Tantangan dan Langkah Strategis Mewujudkan Jawa Timur Sebagai Regional Ekonomi Syariah Terbesar di Indonesia, khususnya Aspek Perluasan Akses dan Instrumen Keuangan, Pendalaman Pasar Keuangan, Kemandirian Pesantren dan Kemitraan UMKM-Korporasi.
  8. Jawa Timur Menuju Smart Province: Dinamika Kemajuan Kota/ Kabupaten dalam Mengaplikasikan Smart City dan Smart Village, serta Konsekuensinya Terhadap Mobilitas Penduduk dan Pembangunan Ekonomi Jawa Timur.
  9. Membedah perspektif dan perilaku masyarakat terhadap penggunaan e-payment dalam rangka menstimulasi pertumbuhan transaksi keuangan non tunai di Jawa Timur.
  10. Optimalisasi Human Capital Development untuk Mengurangi Gap Kesenjangan Ekonomi, Sosial dan Kemiskinan di Jawa Timur.
Pemenang EJAVEC Forum 2016: Call for Paper
EJAVEC Forum 2016: Seminar

Profil Peserta

Berdasarkan Kategori

Peserta EJAVEC Forum 2016 dibagi menjadi 2, yaitu kelompok mahasiswa dan non mahasiswa. Kelompok mahasiswa adalah mahasiswa S1 dari berbagai disiplin ilmu perguruan tinggi di Indonesia. Sementara kelompok non mahasiswa meliputi dosen, mahasiswa S2 dan S3, staf pengajar dan tenaga pendukung di perguruan tinggi.
Jumlah abstraksi paper yang diterima adalah 94 abstraksi, 50 abstraksi paper (53%) merupakan kelompok mahasiswa, dan 44 abstraksi paper (47%) adalah non mahasiswa. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan EJAVEC Forum 2015, sedangkan dari sisi proporsi juga lebih seimbang dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya.

Berdasarkan Lokasi

Peserta berasal dari 6 provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Timur (71 paper), Jawa Tengah (7 paper), DIY (6 paper), DKI Jakarta (5 paper), Jawa Barat (4 paper), dan Kalimantan (1 paper).

Pemenang Kategori Mahasiswa

Predikat
Pemenang
Instansi/ Institusi
JUARA I
Pyan Putro Surya Amin Muchtar
Universitas Indonesia
JUARA II
Andiga Kusuma Nur Ichsan
Universitas Airlangga
JUARA III
Ariz Aprilia & Nofita Wulansari
Universitas Jember

Pemenang Kategori Umum

Predikat
Pemenang
Instansi/ Institusi
JUARA I
Miguel Angel Esquivias Padilla
Universitas Airlangga
JUARA II
Wahyu Wisnu Wardana
Universitas Airlangga
JUARA III
Ahmad Rizani
Universitas Palangka Raya