Skip links

Who’s Behind

East Java Economic (EJAVEC) Forum

Call for Paper

Kantor Perwakilan Wilayah
Provinsi Jawa Timur

Sejarah Singkat

Secara de jure KPw BI Provinsi Jawa Timur lahir bersamaan dengan diberlakukannya UU No.11 tahun 1953 tentang Undang-undang Pokok Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953. Secara historis keberadaan Bank Indonesia KPw Provinsi Jawa Timur dapat diruntut sejak jaman Hindia Belanda, yaitu pada saat masih bernama De Javasche Bank Agentschap Soerabaja. Tahun 1928 Direksi De Javasche Bank membentuk “Komisi Surabaya” yang ditugaskan untuk mengkaji mengenai kemungkinan pendirian Kantor Cabang Surabaya, kemudian pada tanggal 14 September 1829 De Javasche Bank Surabaya didirikan.

Selama beberapa tahun sejak dinasionalisasi, Bank Indonesia Surabaya masih menempati kantor De Javasche Bank di Jl.Garuda. Baru pada tahun KPw BI Provinsi Jawa Timur, menempati gedung baru di Jl.Pahlawan 105 Surabaya.

Wilayah Kerja

Wilayah kerja KPw BI Provinsi Jawa Timur secara langsung meliputi Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madura, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Mojokerto, Kota Mojokerto dan Jombang. Selain itu, KPw BI Provinsi Jawa Timur juga menjadi koordinator untuk KPw Dalam Negeri yang ada di bawahnya yaitu KPw BI Malang, KPw BI Kediri dan KPw BI Jember.

Wilayah kerja KPw BI Malang meliputi Malang, Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Kota Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo. KPw BI Kediri membawahi Kediri, Kota Kediri, Nganjuk, Blitar, Kota Blitar, Madiun, Kota Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Ngawi, Magetan, Pacitan. Sementara KPw BI Jember membawahi Jember, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan Lumajang.

Fakultas
Ekonomi dan Bisnis

Selayang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Airlangga (FEB UNAIR), didirikan pada tahun 1961, telah memiliki pengalaman dan kemampuan yang berkualitas di bidang pendidikan, penelitian, dan layanan sosial terutama dalam hal ekonomi, manajemen, akuntansi, dan ekonomi Islam.

Sebagai salah satu fakultas ekonomi terkemuka di Indonesia, FEB Unair secara konsisten bertekad untuk menjadi independen, inovatif, unggul, dan memimpin Fakultas Ekonomi dan Bisnis baik di tingkat nasional dan internasional berdasarkan moralitas agama. FEB Unair memiliki jaringan kemitraan yang luas di tingkat nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian, dan layanan masyarakat.

Output

Secara total, FEB Unair memiliki lebih dari 26.000 alumni yang telah berhasil menjadi individu terkemuka, baik di sektor pemerintahan atau di organisasi swasta. Alumni FEB Unair telah mampu menjadi penggerak ekonomi, pembuat keputusan strategis, eksekutif di perusahaan nasional dan internasional, dan motivator perubahan.

Peran alumni, termasuk peran akademisi, dan mahasiswa FEB Unair adalah personifikasi konkret Keunggulan dengan Moralitas seperti dalam nilai Universitas Airlangga. Konsep ini diwujudkan dalam memiliki perilaku yang selalu didasarkan pada moralitas, memberikan yang terbaik bagi lingkungan, memiliki budaya akademik yang kuat dan berakar, dan berorientasi pada proses dan hasil sehingga kinerja optimal tercapai.