Selayang

Sebuah forum strategis untuk mendukung kemajuan perekonomian Jawa Timur.

What We do

Menggali rekomendasi dan solusi kreatif.

01.

Call for Paper:
General Paper/ Regional Economic Modelling Paper

Menggali ide kreatif dan solutif untuk mengembangkan perekonomian di Jawa Timur, dalam bentuk presentasi dan karya tulis ilmiah.

02.

Sharia Conference:
Java Sharia Business Model & Seminar

Menggali ide kreatif, solutif dan inovatif masyarakat dalam rangka mengembangkan perekonomian syariah di Pulau Jawa secara riil.

0
Tahun
Terselenggara
0
Rata-rata
Karya Tulis/ Tahun

Who We Are

East Java Economic Forum 2021

East Java Economic (EJAVEC) Forum adalah suatu forum pembahasan perkembangan perekonomian Jawa Timur dalam bentuk presentasi paper atau karya tulis ilmiah tentang berbagai isu strategis yang terjadi di Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi di Jawa Timur, sekaligus menggali rekomendasi dan solusi kreatif untuk mengatasi berbagai kendala yang ada di Jawa Timur. Lebih lanjut, hasil EJAVEC Forum bersama dengan kebijakan Bank Indonesia juga dapat mendukung fungsi advisory kepada Pemerintah baik di tingkat regional Jawa Timur maupun Pemerintah Pusat.

Sejalan dengan perekonomian global dan domestik, kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2020 terkontraksi sebesar 2,39% (yoy) akibat pandemi COVID-19. Pencapaian ini lebih rendah dibandingkan tahun 2019 yang tumbuh sebesar 5,52% (yoy). Kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2020 juga tercatat sedikit lebih rendah dibandingkan Nasional yang kontraksi sebesar 2,07% (yoy). Di kawasan Jawa, pencapaian kinerja ekonomi Jawa Timur pada tahun 2020 berada di peringkat kedua tertinggi setelah DKI Jakarta yang mencatatkan kontraksi sebesar 2,36% (yoy).

Tahun 2021 akan menjadi periode krusial bagi perekonomian Jawa Timur. Mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai kontributor ekonomi kedua terbesar di Indonesia dengan pangsa sebesar 14,57% (ADHB, 2020), peran Jawa Timur dalam akselerasi pemulihan ekonomi nasional menjadi faktor esensial. Jawa Timur sebagai tiga besar kontributor ekspor luar negeri nasional, produsen pangan terbesar nasional, dan sebagai hub dalam perdagangan kawasan timur Indonesia berperan signifikan dalam pemulihan ekonomi nasional. Oleh sebab itu, strategi kebijakan akselerasi pemulihan ekonomi Jawa Timur untuk menjadi krusial, baik untuk mendorong proses percepatan pemulihan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur sendiri maupun untuk mendukung ekonomi nasional. Lebih lanjut, mempertimbangkan peran Jawa Timur sebagai salah satu pusat pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, strategi optimalisasi pengembangan ekonomi syariah untuk mendukung ekonomi Jawa Timur dan nasional juga perlu digali.

Berdasarkan hal tersebut, pada tahun 2021 pelaksanaan EJAVEC 2021 akan lebih difokuskan pada peningkatan kualitas karya tulis antara lain dari sisi penajaman subtema serta penggunaan economic modelling untuk menggambarkan berbagai fenomena dan isu strategis di Jawa Timur sehingga didapatkan rekomendasi dan solusi yang kreatif dan implementatif.

East Java Economic (EJAVEC) Forum

Hubungi Kami.