Sejarah East Java Economic Forum

East Java Economic (EJAVEC) Forum adalah suatu forum pembahasan perkembangan perekonomian Jawa Timur dalam bentuk presentasi paper atau karya tulis ilmiah tentang berbagai isu strategis yang terjadi di Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi di Jawa Timur, sekaligus menggali rekomendasi dan solusi kreatif untuk mengatasi berbagai kendala yang ada di Jawa Timur.

EJAVEC Forum pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 dan bekerja sama dengan Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sebagai pelaksana teknis kegiatan. Kegiatan ini ditujukan kepada akademisi dari berbagai disiplin ilmu di Indonesia dan pada penyelenggaraannya yang pertama diikuti oleh 22 tim dari perguruan tinggi di Jawa Timur.

Pada tahun 2015, cakupan peserta EJAVEC Forum diperluas menjadi seluruh akademisi dan perguruan tinggi di Indonesia, dengan tetap menjadikan Jawa Timur sebagai fokus penulisan karya ilmiah. Animo terhadap EJAVEC di tahun 2015 meningkat tercermin dari jumlah peserta yang mencapai 84 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di tahun 2016, jumlah peserta juga kembali meningkat menjadi 94 tim.

Selanjutnya, pelaksanaan EJAVEC Forum akan lebih ditingkatkan kualitasnya melalui penetapan sub tema karya tulis yang lebih spesifik sesuai dengan perkembangan perekonomian Jawa Timur.