Sub Tema

Tema Umum

Akselerasi Pemulihan Ekonomi dan Sosial Jawa Timur Pada Era Normal Baru

Lingkup Penelitian: Jawa Timur dan Ketekaitannya dengan Provinsi Lain.

Sub Tema

General Paper.

  1. Strategi dan inovasi pengembangan UMKM untuk masuk dalam Global Value Chain dalam upaya mendorong akselerasi ekspor di Jawa Timur.
  2. Peran digitalisasi dalam mendukung akselerasi pemulihan ekonomi Jawa Timur. *Diharapkan paper dapat diaplikasikan dan direplikasi, misalnya dengan menghitung dampak digitalisasi (misalnya: dengan adanya digitalisasi, berapa potensi korupsi/ fraud yang hilang, benchmarking dampak digitalasi yang dapat dihitung secara kuantitatif/ kualitatif).
  3. Optimalisasi peran Jawa Timur sebagai hub perdagangan kawasan timur Indonesia dan produsen utama perdagangan antar daerah dalam upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi Jawa Timur.
  4. Strategi dan inovasi akselerasi daya saing ekspor luar negeri Jawa Timur menuju Lead Export Industri Manufaktur.
  5. Optimalisasi kinerja sektor pariwisata (hospitality) Jawa Timur di tengah pandemi COVID-19 dan strategi mendorong pemulihannya.
  6. Peningkatan daya saing investasi Jawa Timur di tengah kompetisi global dan potensi divestasi.
  7. Strategi mendorong peningkatan pangsa ekonomi syariah di Jawa Timur melalui sinergi para pelaku ekonomi syariah Jawa Timur dan optimalisasi kawasan industri halal.
  8. Evaluasi kinerja Industri Pengolahan Jawa Timur dan strategi akselerasi pemulihannya dengan mempertimbangkan konsep green economy.

Regional Economic Modelling Paper.

  1. Model proyeksi/nowcasting pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dan turunannya (Sisi Permintaan)
    Tujuan yang ingin dicapai adalah mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dari sisi permintaan, beserta hubungan sebab akibatnya (core model maupun satellite model). Beberapa model ekonomi yang dapat diteliti antara lain fungsi dan determinan pertumbuhan ekonomi (Y), konsumsi (C), investasi (I), ekspor (X), impor (M). Paper ini akan mendapatkan nilai lebih jika ditambahkan simulasi dengan hasil proyeksi out of sample yang baik.
  2. Model proyeksi/nowcasting pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dan turunannya (Sisi Penawaran)
    Tujuan yang ingin dicapai adalah mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi dan mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur dari sisi penawaran, beserta hubungan sebab akibatnya (core model maupun satellite model). Beberapa model ekonomi yang dapat diteliti antara lain fungsi dan determinan pertumbuhan ekonomi (Y) dan lapangan usaha – lapangan usaha utama, yakni Industri Pengolahan, Perdagangan, Konstruksi, Pertanian, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, serta Transportasi dan Pergudangan. Paper ini akan mendapatkan nilai lebih jika ditambahkan simulasi dengan hasil proyeksi out of sample yang baik.
  3. Simulasi berbagai dampak isu strategis terhadap ketahanan perekonomian Jawa Timur
    Tujuan yang ingin dicapai adalah mengukur ketahanan perekonomian Jawa Timur terhadap berbagai tekanan global dan domestik (contoh: pandemi COVID-19, penerapan PPKM, proteksionisme global, kenaikan harga komoditas internasional dan lain-lain). Ketahanan juga dapat dianalisis dengan membandingkan dampak simulasi terhadap Jawa Timur dan provinsi peer.
  4. Simulasi berbagai opsi kebijakan, baik kebijakan moneter, makroprudensial, mikroprudensial, fiskal, maupun kebijakan pemerintah pusat dan daerah, serta kebijakan negara lain terhadap perekonomian Jawa Timur.
    Tujuan yang ingin dicapai adalah mengukur respon perekonomian Jawa Timur terhadap berbagai kebijakan domestik dan global (contoh: pelonggaran LTV, penurunan suku bunga kebijakan, stimulus fiskal, adanya UU Cipta Kerja, UU HKPD, Pajak Karbon, dan lain-lain). Respon kinerja perekonomian Jawa Timur juga dapat dianalisis dengan membandingkan dampak simulasi terhadap Jawa Timur dan provinsi peer.
  5. Fundamental pertumbuhan ekonomi Jawa Timur ke depan
    Tujuan yang ingin dicapai adalah mengukur dan menentukan tingkat pertumbuhan ekonomi Jawa Timur saat ini apakah telah mengalami shifting dari kinerja rata-rata historis (misal: menggunakan metode Markov Switching). Dengan demikian, dapat ditentukan pertumbuhan fundamental yang relevan dengan kondisi riil perekonomian, inflasi dan kesejahteraan di Jawa Timur. Permodelan berupa inovasi, dapat di luar permodelan di bidang ekonomi, namun dapat diaplikasikan di bidang makroekonomi.
EJAVEC Forum 2022 - Call for Paper

Poster, Panduan & Pernyataan

Unduh poster, panduan, dan surat pernyataan untuk mempermudah Anda dalam mengirimkan full paper.